Android error tidak bisa di cas ? ini penyebab dan cara mengatasinya | Mars digital



  Smartphone merupakan alat elektronik yang menggunakan batre sehingga seiring berjalanannya waktu batre tersebut akan habis juga.Trus bagaimana jika perangkat anda tidak bisa di cas ?
ini merupakan permasalahan serius yang dialami pengguna smartphone. Karena tanpa batre hp tersebut tidak akan bisa digunakan.


Ada beberapa faktor kenapa hp android tidak bisa di cas antara lain :

1. Terlalu sering menerima guncangan / terjatuh

Ini merupakan kejadian paling umum dialami pengguna android termasuk saya. Hp saya awalnya yang normal normal saja namun setelah jatuh dilantai dari meja akibat tersenggol( ketinggian sekitar 3 meter ) hp tersebut langsung mengalami kerusakan dalam sekejap. Oleh karena itu harap hpnya dikondisikan ya gaes, jangan sering -  sering jatuh.

2. Ketindihan saat tertidur

Saya belum mengalami kejadian ini ,hal ini saya dapat dari pengalaman teman saya. Yang ugal – ugalan dalam beristirahat. Saat bangun tidur alhasil hp tersebut mati dan tidak bisa di cas.

3. Menggunakan merk cas yang salah / tidak cocok dengan hp alias kw

Apakah kita sering meminjam cas teman saat sedang tidak membawa charger ?padahal kita sudah tahu bahwa charger itu beda merk dengan hp kita.ini kesalahan besar gaes karena tegangan yang dimiliki setiap cas itu berbeda - beda gaes. Emang awalnya tidak berpengaruh. Namun lama kelamaan error akan muncul ditandai dengan lamanya waktu ngecas padahal saat itu saya menggunakan cas ory dan kalo dibiarkan hp android anda bisa konslet. Oleh karena itu jangan gunakan merk charger yang tidak sesuai dengan tipe hp ya gaes.
4.Telat ngecas atau batre sering ngedrop

Ini sebenarnya bukan kerusakan dibagian charger gaes. Lebih tepatnya kerusakan pada batre, Hanya saja jika batre rusak .Otomatis hp juga tidak bisa digunakan.

Trus kalau terlanjur rusak cara mengatasinya gimana bang ?

Saya memiliki sebuah hp android Samsung ace 2. Sudah lama tidak saya gunakan karena banyak error di dalam hp tersebut salah satunya tidak bisa di cas. trus hpnya diapaain bang ? saya simpan dalam waktu yang lama karena biaya service yang terbilang tidak sedikit.

Dengan modal nekat saya berusaha membongkar hp tersebut dengan sebuah obeng.

Cara membongkar dan melihat mesin sebuah Smartphone cukup mudah :

1. Lepas semua komponen yang ada di hp anda antara lain batre , simcard , dan kartu memori.


2. Buka baut yang menempel di hp anda (baut saya lingkari) sesuai gambar dibawah ini.


3. Buka casing kedua hp anda. Bila keras bisa menggunakan alat bantu seperti silet / benda tipis lainnya.


4.Jika sudah terbuka. Bersihkan tempat cas anda seperti gambar dibawah ini bisa menggunakan handbody atau minyak kayu putih.


5. Tunggu hingga komponen kering, jika dalam keadaan bahasa digunakan dapa membuat smartphone anda bisa konslet.

6. Terakhir rakit kembali hp anda, hati hati bila merakit terkadang ada komponen yang lupa terpasang seperti tombol power , soket lcd yang terlepas dll . pastikan semua tidak ada yang ganjil sebelum merakit

7. Dan hp saya sudah kembali normal


Jika cara diatas belum berhasil anda bisa mencoba cara lain mengatasi hp error seperti di bawah ini :
1. Gunakan merk ces ori hp anda.

2. Jangan menggunakan cas bertegangan tinggi.

3. Restart android anda.

4. Reset hp anda ke pengaturan pabrik. baca juga : Reset hp android ke pengaturan pabrik menggunaka recovery mode (CWM)

Terimakasih sudah berkunjung di blog saya. semoga bermanfaat :)


Bagikan :
+
Previous
Next Post »
0 Komentar untuk "Android error tidak bisa di cas ? ini penyebab dan cara mengatasinya | Mars digital"

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top